Menu

Mode Gelap
Semarak FTJ 2023, BPKD Halbar Gelar Lomba Dayung Wakil Bupati Menyerahkan Uang Saku JCH Halbar Wakil Bupati Resmi Melepaskan 72 CJH Halbar Pekan Ini 72 Cjh Halbar di Berangkatkan Pemda Halbar MoU dengan BSSN. Sekda : Ini Upaya Transformasi Digital

Travel · 8 Jun 2023 12:23 WIB ·

Bupati Halmahera Barat Membuka Dengan Resmi FTJ ke 14


 Bupati Halmahera Barat Membuka Dengan Resmi FTJ ke 14 Perbesar

JAILOLO, Opsinews.com – Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, secara resmi membuka event tahunan Festival Teluk Jailolo (FTJ) ke-14 di Desa Gufasa Kecamatan Jailolo, Rabu (07/6).

Festival Teluk Jailolo 2023 ini mengangkat tema “Culture And Spice Islands Energy”. Pembukaan FTJ tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Halmahera Barat, James Uang, yang didampingi Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad, Plh Sekda Halbar, Jubair T. Latif, Sultan Jailolo, Kapolres, Kejari dan Ketua DPRD serta seluruh SKPD Halmahera Barat.

Bupati James dalam sambutannya mengatakan, agenda tahunan Festival Teluk Jailolo merupakan promosi pariwisata dan budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten halmahera barat, dalam rangka mengajak pengunjung atau wisatawan untuk mengenal lebih dekat pesona Indonesia timur baik dari sisi alam, budaya dan tradisi, karya ekomomi kreatif serta kerahmatan masyarakat setempat.

Menurutnya, semua potensi tersebut akan dikenalkan demi menjaga keberlangsungan dan pelestarian alam budaya dan tradisi di halmahera barat.

“Ini merupakan FTJ yang ke-14, dimana tema pelaksanaan kali ini yang diangkat adalah ” Culture and Spice Island Energy”. Tentunya tema ini memiliki makna semangat parawisata untuk dapat terus bangkit dengan energy dan kekuatan budaya yang menjadi dasar hidup halmahera barat,”kata James

Ia juga bilang, gelaran FTJ tahun 2023 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena saat ini akan menampilkan beberapa kegiatan baru yaitu kolaborasi cultural event dan sport tourism diantaranya, Ritual Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Sasadu On The Sea, Ekspedisi Tanah Tabaru, Ekraf Go To School, E-Sport Compettion, FTJ Idol, Tari Kreasi Berbasis Budaya, Bolla Voli, Lomba Dayung dan Hiburan Masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat halmahera barat untuk menjaga alam dan merawat adat sebagai warisan leluhur, serta menjaga khasana kearifan lokal dan juga memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan serta persaudaraan. Karena ini semua merupakan salah satu identitas kita yaitu bhineka tunggal ika, bagi saya, menjaga persatuan dan kesatuan merupakan salah satu wujud dari partisipasi masyarakat terhadap pembangunan daerah,”tuturnya

“Olehnya itu kabupaten halmahera barat yang kita cintai ini terus terjaga sehingga kondisi aman dan kondusif ini dapat kita nikmati sekaligus menjadi contoh bagi daerah lain yang ada di Maluku Utara,”sambungnya

Diakhir sambutan, James menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan FTJ tersebut.

“Mari kita jaga kekompakan dan selalu bergandengan tangan, karena dengan kebersamaan inilah maka kunci utama kita dalam mewujudkan masyarakat yang aman, adil dan sejahtera bisa kita wujudkan bersama,”tandasnya.

 

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Awas! Gunung Api Ibu Naik Status

17 Mei 2024 - 02:19 WIB

Peduli Sesama, KKSS Halbar Berbagi Takjil di Bulan Suci Ramadhan

29 Maret 2024 - 13:40 WIB

Pengurus ICMI Kabupaten Halmahera Barat Resmi di Lantik

27 September 2023 - 12:48 WIB

Gelar Bukber, JOGJA MAFALA Bahas Pelantikan

8 April 2023 - 17:08 WIB

Bupati Halbar Buka STQ Ke XXVII Tingkat Kabupaten

7 Maret 2023 - 15:38 WIB

Tim Percepatan Penurunan Stunting Berbasis Eko Edu Wisata Halbar Disambut Baik Sandiaga Uno

23 Februari 2023 - 05:18 WIB

Trending di Travel